MGBK KAB. KEDIRI

MGBK KAB. KEDIRI
Konselor Se Kabupaten Kediri

Rabu, 15 Januari 2014

TRAINING OF TRAINER KONSELOR SEBAYA TAHUN 2013

Training of Trainer Konselor Sebaya MTsN Purwoasri
Purwoasri, 28 Nopember 2013



Maraknya pacaran di kalangan remaja saat ini sudah menjadi budaya yang umum dan wajar. Menjamurnya perilaku yang sebelumnya di anggap tabu/menyimpang, sekarang berubah menjadi perilaku yang sangat wajar di kalangan remaja.

Perkembangan tekhnologi dan Informasi yang sangat cepat meninggalkan norma-norma yang sebelumnya terbentuk (adat ketimuran). Norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan hukum sepertinya kalah cepat dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peran madrasah sebagai subsistem dari kementerian agama yang mempunyai visi “Terwujudnya masyarakat Indonesia yang TAAT BERAGAMA, RUKUN, CERDAS, MANDIRI DAN SEJAHTERA LAHIR BATIN.” Sehingga bisa diartikan seluruh aspek kehidupan manusia menjadi beban dan tanggungjawab yang tidak mudah, untuk mewujudkannya MTsN Purwoasri membuat visi “Unggul dalam PRESTASI, Terdepan dalam IPTEK dan Teladan dalam IMTAQ”.


Bimbingan dan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup. 


Pemahaman yang kurang tepat, dapat menghambat pemberian bantuan. Oleh karena itu perlu adanya keterlibatan semua pihak mulai dari kepala madrasah, konselor, guru, pegawai, orang tua, sampai peserta didik itu sendiri termasuk dalam layanan teman sebaya ini diperlukan karena setiap peserta didik ada yang cenderung suka diskusi, belajar, curhat dsb kepada temannya. Maka perlu diadakannya “Training of Trainer Konselor Sebaya MTsN Purwoasri Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Berikut Susunan Acaranya :
1. Pembukaan oleh MC (Kamila Salsabila Ramadian dan Fenti Adelia Nurwulansari)
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Qori' (Siti Rofiul Malikah)
3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh dirijen (Qurota A'yuni Amanat)
4. Sambutan-Sambutan :
a. Laporan Panitia oleh Ketua Panitia (Rahma Affanatu Dzuria)
b. Sambutan oleh Koordinator Konselor Sebaya (Ainnisa Sahita Indari)
c. Sambutan, pengarahan dan secara resmi membuka acara oleh Kepala Madrasah (Drs.H. Abdullah Rosyaad, M.Pd.I
5. Penyematan Tanda Peserta oleh Koordinator BK (Ibu Mitayani, S.Pd)
6. Seminar "Bahaya Perilaku Pacaran di Kalangan Remaja" oleh Moderator (Nadiah Safa Karimah) dan Pemateri (Ibu Ayu Dwi Wulandari, S.Ps.I)
7. Pemberian Kenang-Kenangan untuk pemateri oleh Ibu Dra. Nanik Nurhayati
8. Penutup / Doa oleh Miftakhul Wulan Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar